Berita

Selamat Hari Bangunan Indonesia!

Jum'at ,31 Oktober 2014

Mulai tahun ini, tepatnya setiap 11 November, Indonesia akan memperingati Hari Bangunan Indonesia. Peresmiannya dilakukan Selasa (11/11/2014) di Hotel Mulia, Jakarta, bertepatan dengan Indocement Awards 2014.

Pemilihan 11 November sebagai Hari Bangunan Indonesia lantaran memiliki angka satu laiknya pilar-pilar penopang kokohnya sebuah bangunan. Selain itu, peringatan tersebut juga bisa dijadikan sebagai momentum evaluasi pembangunan di Indonesia karena berada di akhir tahun.  

Menteri PU dan Pera, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Hari Bangunan Indonesia harus didukung sekuat mungkin oleh seluruh rakyat Indonesia. Selain itu, dia menjelaskan bahwa peringatan tersebut sudah selayaknya menjadi momentum bagi seluruh pelaku konstruksi untuk menjaga komitmen terhadap standar bangunan di Indonesia.

"Hari Bangunan Indonesia sudah sepatutnya kita dukung karena indonesia memiliki bangunan-bangunan unik dan bersejarah yang memang harus dipertahankan eksistensinya," ujar Basuki pada sambutannya.

Selain itu, Basuki juga menyinggung tentang program kerja Kemen PU dan Pera selama lima tahun ke depan.

"Minimal kita akan membangun 30 bendungan dalam lima tahun ke depan, lebih dari 2.000 km jalan, dan lebih dari dua juta rumah baik vertikal ataupun landed," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, melalui penghargaan Indocement Awards 2014, Selasa (11/11/2014) malam ini, akan diumumkan pengembang dan kontraktor Indonesia terbaik dalam adu kompetensi, keterampilan, konsep, kontribusi terhadap pembangunan ramah lingkungan, berkelanjutan dan memberi manfaat ekonomi untuk masyarakat sekitar.

Adapun Indocement Awards merupakan ajang penghargaan dua tahunan yang dilaksanakan sejak 2008. Tahun ini perhelatan tersebut dilaksanakan untuk keempat kalinya dengan mengetengahkan lima kategori. Selain Developer dan Contractor Competition Awards, kategori yang diperebutkan itu adalah Semen Tiga Roda Writing Competition Awards, Semen Tiga Roda Architecture Competition Awards, dan Semen Tiga Roda Fabricated House Competition Awards.

Ketua Panitia Pelaksana Indocement Awards 2014, Troy D Soputro, mengatakan pemberian penghargaan untuk pelaku bisnis properti dan industri jasa konstruksi dilakukan bersamaan dengan deklarasi "Hari Bangunan Indonesia".

"Tanggal 11 November merupakan momentum tepat bagi perusahaan-perusahaan properti dan konstruksi melakukan evaluasi dan membuat rencana kerja untuk tahun ke depan. Rencana membangun proyek baru dengan kualitas lebih baik, hemat energi, ramah anggaran, berkelanjutan dan dapat memberi manfaat ekonomi untuk masyarakat," ujar Troy.

(Dikutip dari Kompas.com)