Berita

Indocement Awards 2016 Gelar Roadshow di UPI Bandung

Rabu ,11 Mei 2016

Rabu (11/5/2016) Roadshow Indocement Awards 2016 kembali berlanjut. Setelah sebelumnya diselenggarakan di Padang dan Medan, kali ini roadshow dihelat di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Roadshow bertema Membangun Indonesia Kokoh ini diselenggarakan melalui seminar yang mengandung sisi inspirasional. Melalui seminar ini wawasan mahasiswa dapat terbuka, sehingga nantinya mahasiswa mulai berani melakukan suatu hal kecil yang berdampak besar bagi bangsa Indonesia.

"Secara teknis, memberikan ruang publikasi Indonesia terhadap arsitektur nasional," ujar Ketua Tim Seleksi Indocement Awards 2016 Rio Budi Prasetya, di UPI, Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/5/2016).

Pemilihan tema Membangun Indonesia Kokoh bertujuan agar dapat menjadi sebuah benang merah untuk setiap tindakan instansi konstruksi Indonesia, yang dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat luas.

Indocement Awards 2016 menghadirkan perlombaan yang terbagi dalam enam kategori, yakni Architectural Design Competition, Writing Competition, Indocement Developer Award, Indocement Contractor Award, Fabricated House Competition, dan Concrete Competition.

Dari keenam kategori tersebut, Rio menjelaskan detail empat kriteria yaitu Archtitectural Design Competition, Concrete Competition, Writing Competition, dan Fabricated Competition.

Writing Competition merupakan karya ilmiah populer dengan tema "Membangun Indonesia Kokoh Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik." Kompetisi menulis ini dapat diikuti oleh seluruh peserta (umum) dengan batasan usia maksimal 30 tahun. Para peserta bisa mendafatar secara individu maupun tim, maksimal dua orang.

Architectural Design Competition berupa karya desain arsitektur dengan tema "Desain Rumah Tinggal Modern Yang Mengambil Nilai-Nilai/Filosofi Rumah Adat Nusantara. Tidak ada kategori peserta, dengan batasan usia maksimal 30 tahun. Untuk kategori ini, peserta harus mendaftar secara individu.

Untuk kategori Concrete Competition, PT Indocement Tunggal Perkasa Tbk bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi secara konsisten menyelenggarakan lomba beton dengan berbagai tema yang menarik para pesertanya untuk berinovasi.

Sebagai tindak lanjut dari lomba tersebut, Indocement Awards memberikan wadah bagi seluruh finalis untuk kembali berkompetisi membuat beton yang berkinerja baik sesuai kebutuhan konstruksi.

Sementara, kategori Fabricated Competition adalah konstruksi rumah tinggal yang didesain untuk proses pembangunan cepat, di mana komponen yang digunakan merupakan hasil desain modular pracetak, serta bahan bangunan lain yang ada di pasaran. Peserta kategori ini berbentuk tim yang terdiri atas empat mahasiswa dan satu dosen.

Calon peserta silakan melakukan pendaftaran di www.indocementawards.com

Batas akhir pendaftaran kategori Writing Competition dan Fabricated Competition, 31 Juli 2016. Untuk kategori Architectural Design Competition berakhir pada 31 Agustus 2016.

"Roadshow akan dilanjutkan ke Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tepatnya, di Universitas Islam Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas 11 Maret, Universitas Brawijaya, dan berakhir di Institut Teknologi Sepuluh November pada Juni," kata Rio.

 

Sumber:
http://news.metrotvnews.com/peristiwa/zNA8G42K-indocement-awards-2016-gelar-roadshow-di-upi-bandung